Kamis, 10 Oktober 2019

ELEKTRONIK TIKET (E-TICKET)



 Guru Mata Pelajaran : Rahma Dewi, S.E
MATERI  RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Ganjil
PEMESANAN & PERHITUNGAN TARIF TIKET PENERBANGAN

Ø  ELEKTRONIK TIKET (E-TICKET)

Tujuan pembelajaran adalah agar siswa dapat :
a.        Memahami pengertian E-tiket 
b.        Mengetahui manfaat E-tiket
c.        Menganalisis perbedaan E-tiket dengan Manual Ticket
d.       Mengetahui contoh bentuk E-tiket dari berbagai maskapai
e.        Menganalisis bagian-bagian yang terdapat pada E-tiket 
f.         Melakukan proses penerbitan E-Tiket

A.         PENGERTIAN E-TIKET
Elektronik Tiket merupakan tiket generasi terbaru yakni terbuat dari selembar kertas yang berisi dokumen perjalanan yang dapat dipakai untuk mengangkut penumpang. Fungsi dari E-tiket sama dengan passenger tiket biasa. Namun Elektronik ticket ini telah  mulai dipermudah yang sebelumnya penumpang harus memiliki mencetak terlebih dahulu E-Ticket tersebut, sekarang sudah tidak lagi karena penumpang tidak harus mengeluarkan dokumen berharga tersebut secara fisik/paper tiket tapi sudah bisa hanya melihatkan tiket tersebut melalui ponsel masing-masing penumpang.
Beberapa pengertian E-Tiketing menurut para ahli antara lain :
a.    Menurut Blenz (2008) E-Ticketing atau Electronic Ticketing adalah sebuah metode perdagangan, pembelian dan penjualan tiket dari berbagai produk jasa khususnya jasa perjalanan melalui media internet dan komputer.     
b.    Menurut Ng-Kruelle dan Swatman (2006), E-Tiketing atau Elektronik Tiket adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktivitas perjalanan penumpang tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper tiket. Semua informasi mengenai electronik ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer komputer milik airlines. Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara di indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan.
E-Ticketing (ET) merupakan peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-Ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan formulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Salah satu keuntungan dari E-Tiket adalah airlines tidak perlu mencetak tiket yang biayanya relatif mahal, data-data penumpang akan tersimpan didalam database airlines sehingga apabila kertas hilang, maka data perjalanan penumpang masih tetap bisa di print ulang kembali. Dengan kata lain Elektronik Tiket ini disebut juga dengan tiket/dokumen perjalanan dalam bentuk digital.
Ada 3 bentuk Automated ticket seperti :
1.      Transitional Automated Tickets (TAT),
Yaitu ticket yang pada umumnya diterbitkan langsung oleh Maskapai Penerbangan
2.      Off Premise Transitional Automated Tickets (OPTAT),
Yaitu ticket yang pada umumnya diterbitkan oleh Biro Perjalanan.
3.      Automated Ticket Boarding Pass (ATB),
Yaitu ticket yang diterbitkan bersamaan dengan boarding pass.

B.    MANFAAT E-TIKET
Beberapa manfaat E-Tiket untuk kehidupan saat ini antara lain :
Mempunyai beberapa kelebihan yang di jelaskan Blenz (2008) adalah sebagai berikut :
1.      Mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan surat tiket
2.      Mengurangi tenaga kerja yang berkaitan dengan pencetakan dan surat tiket
3.      Keamanan terjamin, karena berkode validasi dan menghilangkan kemungkinan tiket palsu atau duplikat
4.      Pemesanan E-tiket oleh konsumen berarti mengetahui berapa banyak konsumen perusahaan, karena perusahaan menyimpan data konsumen di database perusahaan
5.      Memberikan informasi tambahan yang perlu diketahui bagi pelanggan.
Manfaat lain dari E-Tiket untuk penumpang adalah :
¢1. Tidak masalah jika kehilangan atau salah menempatkan.
¢2. Tidak ada tiket kertas/blangko tiket yang dikeluarkan
¢3. Bisa check-in online di maskapai tersebut atau e-kios di bandara.
¢4. Bisa dibeli di menit-menit terakhir online.
¢5. Tidak perlu menunggu tiket untuk dikirimkan.

 C. PERBEDAAN E-TIKET DENGAN MANUAL TICKET
KELEBIHAN E-TICKET, antara lain :
¢1. E-ticket tidak masalah jika hilang karena bisa print kembali atau cek melalui email penumpang
¢2. E-ticket lebih mudah diperoleh.
¢3. E-ticket fleksibel dan lebih efisien.
¢4. E-ticket ramah lingkungan.
¢5. E-ticket memuat voucher belanja.

KEKURANGAN E-TICKET, antara lain :
¢1. Biasanya ada informasi yang sangat terbatas pada kupon e-ticket. Jadi dalam kasus kerusakan sistem reservasi mungkin ada komplikasi jika penumpang harus mengubah tiket elektronik.
¢2. Mungkin ada beberapa tantangan untuk menerbitkan kembali versi elektronik jika penumpang harus dialihkan ke maskapai lain terutama ketika terjadi pembatalan penerbangan karena tidak ada alasan cuaca terkait.

D.  CONTOH E-TIKET BEBERAPA MASKAPAI
1.LION AIR



2.GARUDA  AIRLINES

3.EXPRESS AIR

4.SRIWIJAYA AIR


E.     BAGIAN-BAGIAN YANG TERDAPAT  DIDALAM E-TICKET 
Bagian-bagian yang terdapat dalam E-Tiket adalah sebagai berikut :
¢1. Name of Airlines.
¢2. Booking code (PNR)
¢3. Departure details : time, route, flight number, etc.
¢4. Passenger details : name of passenger, type of ticket, ticket number, baggage info,
¢5. Ketentuan tiket : masa berlaku tiket, ketentuan bagasi, etc.

-          Selamat Belajar -

3 komentar:

  1. Bang itu yang bagian C kelebihan dan kekurangan E-Tiket bukan perbedaan E-Tiket dan Manual Tiket

    BalasHapus
  2. boleh minta judul jurnal pengertian e-ticket dari Ng-Kruelle dan Swatman (2006)?

    BalasHapus