MATERI RANGKUMAN XI UPW & OTKP
Semester Genap TA 2020-2021
PELAYANAN PENUMPANG PRA DAN SELAMA PENERBANGAN (PPPSP)
Kompetensi Dasar
KD 3.1 Melaksanakan komunikasi dengan penumpang pada saat berada di dalam pesawat
KD 4.1 Menerapkan komunikasi dengan penumpang pada saat berada di dalam pesawat
BAB 1 PENGENALAN IN FLIGHT SERVICE
1.1 Pendahuluan
Perkembangan jasa pelayanan maskapai penerbangan dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat luas. Hal itu dapat dilihat dari ketatnya persaingan pelayanan, harga dan promosi yang ditawarkan berbagai maskapai penerbangan. Daya tarik (attractiveness) industri penerbangan cukup besar dan menjanjikan. Hal ini dapat dilihat banyaknya industri penerbangan yang menggeluti bisnis tersebut. Oleh sebab itu maskapai penerbangan banyak membutuhkan petugas-petugas yang profesional untuk melayani penumpang agar bisa bersaing dengan maskapai lainnya untuk memperoleh profit yang di harapkan.
1.2 Pengertian Inflight Service
Service excellent merupakan harapan dari setiap pelanggan. Harapan pelanggan ini harus segera dapat dipenuhi guna mendapatkan citra yang baik, pelanggan yang setia dan tentunya loyal terhadap perusahaan. Suatu perusahaan penerbangan telah memulai atau memberikan servicenya kepada pelanggan sebelum pelanggan tersebut terbang bersamanya.
Dalam dunia bisnis penerbangan terdapat 3 service/pelayanan yang wajib diberikan kepada pelanggan sebelum penumpang melakukan penerbangan, antara lain :
a. Pre-Flight service, merupakan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sebelum melakukan penerbangannya disebut juga pelayanan di darat. Seperti pelayanan customer service, pelayanan saat pembelian atau perubahan tiket, pelayanan check-in counter, pelayanan pada saat boarding proses, pengantaran menuju ruang tunggu, hingga penumpang naik dan duduk didalam pesawat sebelum keberangkatan.
b. In-Flight service, merupakan pelayanan yang diberikan oleh crew/awak pesawat selama penumpang melakukan penerbangannya di dalam pesawat. Seperti : makan, minum, fasilitas majalah, bantal, selimut, ear phone, dll
c. Post-Flight service, merupakan pelayanan yang diberikan kepada penumpang setelah melakukan penerbangannya atau sampai di bandara tujuan. Seperti : Penanganan penumpang transit, penanganan spesial passenger dan penanganan barang yang hilang (lost and found).
Jadi kesimpulannya defenisi dari In-flight Service adalah merupakan pelayanan (service) yang diberikan oleh cabin crew kepada penumpang selama penumpang melakukan penerbangannya. Seperti: komunikasi dengan penumpang, membantu penumpang spesial handling, pelayanan makan, minum, majalah, bantal, selimut, ear-phone, dll.
1.3 Crew pada saat In-Flight service serta tugas dan tanggung jawabnya
Pelayanan penumpang didalam penerbangan dilaksanakan oleh Crew atau disebut juga dengan istilah awak pesawat yang terdiri dari cockpit crew dan cabin crew.
1. Cockpit Crew adalah awak pesawat yang bertugas di kokpit, seperti :
a. Pilot In Comand (PIC) adalah kapten dalam penerbangan yang bertindak sebagai pimpinan didalam penerbangan.
b. First Officer (FO) adalah Co Pilot yang bertugas sebagai asisten dalam penerbangan yang membantu PIC.
c. Flight Enginer Onboard (FEO) adalah merupakan tekhnisi/montir penerbangan yang ikut didalam pesawat yang bertugas sebagai mekanikal dalam hal jika terjadi kerusakan maupun perawatan mesin pesawat. Flight Engineer tidak selamanya harus onboard/ikut dalam penerbangan namun ada juga yang menetap di station masing-masing.
2. Cabin Crew adalah awak pesawat yang bertugas didalam kabin pesawat untuk memberikan pelayanan kepada penumpang, seperti :
a. Purser/Cabin Superintendant adalah pimpinan awak kabin
b. Steward/Pramugara bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang selama penerbangan. Pramugara adalah laki-laki.
c.Stewardess/Pramugari bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang selama penerbangan. Pramugari adalah perempuan.
- Semangat Belajar –
Tidak ada komentar:
Posting Komentar