MATERI RANGKUMAN MULOK XI UPW - OTKP
Semester Genap TA 2020-2021
PENANGANAN SISTEM PENERBANGAN DAN KETENTUAN PERUSAHAAN PENERBANGAN
Ø PENGENALAN AREA OPERASIONAL PENERBANGAN
Perusahaan penerbangan komersial atau lebih dikenal dengan sebutan Airlines merupakan badan usaha yang bergerak dibidang jasa angkutan udara yang mengoperasikan pesawat terbang sebagai sarana untuk mengangkut muatan dari satu kota ke kota lain baik itu di dalam negri maupun ke luar negri dimana yang diangkut antara lain penumpang, bagasi, kargo dan benda-benda pos.
Secara operasional ada beberapa unit kerja utama yang menunjang bisnis angkutan udara atau penerbangan dapat terlaksana yaitu :
1. Passanger Handling
2. Aicraft Handling
3. Inflight Service
4. Cargo Handling
5. Ramp Handling
Dalam operasional penerbangan ada beberapa tujuan utama berdirinya suatu perusahaan, yaitu :
1. Terselenggaranya kegiatan operasional penerbangan dengan lancar
2. Memberikan layanan yang baik kepada para penumpang, bagasi, kargo dan pos
3. Memperoleh tingkat pendapatan yang profitable
Suatu perusahaan penerbangan mempunyai dua tempat kegiatan yaitu :
1. Kegiatan di kantor kota (Town Office)
2. Kegiatan di kantor bandara atau airport
Saat ini banyak perusahaan penerbangan domestik maupun internasional menjalin kerja sama atau mensubkontrakkan pekerjaan dilapangan dengan pihak kedua untuk melayani pekerjaan operasionalnya seperti dengan pihak perusahaan penyedia jasa pelayanan/penanganan di darat atau disebut Ground Handling (GH) dan penyedia jasa pelayanan maintenance atau Disebut Ground Support Equipment (GSE).
Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas mengenai Kegiatan pada bagian Ramp Handling di bandara.
BAB I. RAMP HANDLING
A. Pengertian Ramp Handling
Ramp Handling adalah salah satu bagian dalam penerbangan yang pekerjaannya dilakukan oleh petugas lapangan yang dilaksanakan di area apron. Menurut Oxford dictionary, Apron Area yaitu “Hard-surfaced (tarmac, concrete, etc) area on an air-field, used for maneuvering and (un)loading aircraft.” Atau dengan kata lain, apron area adalah Daerah keras di lapangan udara yang digunakan untuk pergerakan dan bongkar muat pesawat.
B. Kegiatan Bagian Ramp Handling
Adapun kegiatan yang terdapat pada bagian Ramp Handling antara lain :
1. Aircraft Loading and Unloading
2. Marshailing
3. Parking
4. Ramp to Flight Deck Communication
5. Starting
6. Safety Measures
7. Moving Aircraft
Kegiatan Apron berdasarkan IATA SGHA, yaitu Section Subject Checked yakni kegiatan yang terdiri atas :
1. Representation and Accomodation
2. Load Control, Communications and
Departure Control System
3. Unit Load Device Control
4. Passengers and Baggage
5. Cargo and Post Office Mail
6. Ramp
7. Aircraft Servicing
8. Fuel and Oil
9. Aircraft Maintenance
10. Flight Operation and Crew Administration
11. Surface Transport
12. Catering Services
13. Supervision and Administration
14. Security
C. Petugas bagian Ramp Handling
Adapun petugas-petugas yang bekerja di Area Apron, yaitu :
1. Marshalling, adalah Petugas pemandu parkir pesawat pada saat kedatangan.
2. Ramp Koordinator/Dispatcher, adalah Petugas yang mengkoordinir seluruh kegiatan ground handling di apron.
3. Load Control, adalah Petugas yang merencanakan alokasi pemuatan pesawat (pax, bag, cargo & mail).
4. Load Master, adalah Petugas yang mengawasi pemuatan bagasi dan cargo sesuai dengan rencana.
5. Departure Control, adalah Petugas yang mengontrol alokasi parkir pesawat dan membantu pesawat untuk melakukan pergerakan saat di apron.
- Semangat Belajar –
Tidak ada komentar:
Posting Komentar