Minggu, 04 Agustus 2019

LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMPROSES RESERVASI TIKET PENERBANGAN

Guru Mata Pelajaran : Rahma Dewi, S.E 
MATERI  RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Ganjil 
PEMESANAN & PENGHITUNGAN TARIF TIKET PENERBANGAN

    
Ø  Langkah-Langkah Memproses Reservasi

Dijaman yang serba modern seperti saat ini, proses reservasi bisa dilakukan oleh
calon penumpang dengan berbagai cara. Banyak maskapai penerbangan telah
menyediakan fasilitas pelayanan pemesanan tiket melalui internet dengan situs-situs yang
mudah dipahami oleh calon penumpang, sehingga memungkinkan calon penumpang
untuk melakukan pemesanan secara langsung (direct). Seperti yang telah dibahas
sebelumnya bahwa saluran reservasi bisa langsung (direct) maupun tidak langsung
(indirect). Alat atau media yang digunakan oleh calon penumpang juga bermacammacam,
antara lain melalui telepon, faximile, e-mail, atau datang langsung ke kantor.

Data-data Reservasi

Dalam memproses layanan data reservasi baik di maskapai penerbangan maupun diagen perjalanan dapat dilakukan dengan manual mapun komputerisasi. Proses manual dilakukan ketika terjadi kondisi yang darurat, seperti aliran listrik padam, terjadi gangguan pada jaringan internet atau gangguan pada sistem CRS. Format yang bisa digunakan pada proses manual ini antara lain reservation card atau pencatatan dilakukan dalam buku reservasi.

Data-data yang diperlukan dalam memproses layanan reservasi penerbangan udara baik manual maupun komputerisasi adalah sebagai berikut :
1. Maskapai penerbangan yang diinginkan penumpang (jika melalui BPW)
2. Kelas pelayanan
3. Tanggal dan waktu keberangkatan
4. Rute keberangkatan
5. Jumlah tempat duduk yang dipesan
6. Nama calon penumpang sesuai identitas
7. Alamat (contact address) calon penumpang (jika melalui BPW)
8. Nomer telepon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi
9. Keterangan tambahan lain yang dianggap perlu.
10. Request tambahan
11. Nama yang membookingkan/pemesan

Dalam modul ini akan dibahas langkah-langkah sederhana dalam membuat atau melayani pemesanan tiket baik oleh staff maskapai penerbangan maupun agen perjalanan untuk pelanggan yang datang langsung (walking guest) dan melalui telepon.

1. Langkah-langkah penanganan untuk walking guest :
a) Mengucapkan salam sesuai standar perusahaan (greeting).
b) Mengucapkan selamat datang dan mempersilahkan duduk (welcoming).
c) Menawarkan bantuan dan menanyakan nama tamu, agar terlihat lebih sopan dan
akrab.
d) Menanyakan : rute, tanggal, kelas dan jumlah penumpang serta maskapai yang
diinginkan.
e) Meminta tamu untuk menunggu sebentar sementara anda mengecek ketersediaan
tempat duduk.
f) Memberikan informasi tentang ketersediaan tempat duduk dan meminta tamu
untuk memilih atau menentukan penerbangan yang diinginkan.
g) Setelah tamu memilih, kemudian meminta data penumpang sesuai identitas dan
nomer telepon yang bisa dihubungi.
h) Membukukan data tersebut kedalam sistem kemudian membacakan data
reservasi yang telah diproses.
i) Menanyakan apakah tiket langsung diterbitkan (iisued) atau tidak.
j) Jika tiket tidak langsung diisued berikanlah informasi tentang batas waktu
penerbitannya (time limit) dan PNR atau kode booking.
k) Jika pelanggan ingin langsung menerbitkan tiketnya, maka tanyakanlah tentang
bentuk pembayarannya.
l) Konfirmasi ulang dengan memastikan semua data yang diberikan adalah data
yang benar.
m) Meminta tamu untuk menunggu sebentar sementara proses issued dilakukan.
n) Menyerahkan tiket dan invoice yang telah diissued (menggunakan amplop)
kepada tamu dan menginformasikan pembayarannya.
o) Memberikan saran (remind) tentang waktu melapor di bandara (check-in) dan
ketentuan membawa bagasi.
p) Mengucapkan terimakasih dan harapan semoga perjalanannya menyenangkan
serta salam.

2. Langkah-langkah pelayanan via telepon :
a) Mengangkat telepon tidak lebih dari 3 kali deringan
b) Mengucapkan salam sesuai standar perusahaan (greeting).
c) Menawarkan bantuan dan menanyakan nama tamu, agar terdengar lebih sopan
dan akrab.
d) Menanyakan : rute, tanggal, kelas dan jumlah penumpang serta maskapai yang
diinginkan.
e) Meminta penelpon untuk menunggu sebentar sementara anda mengecek
ketersediaan tempat duduk.
f) Memberikan informasi tentang ketersediaan tempat duduk dan meminta tamu
untuk memilih atau menentukan penerbangan yang diinginkan.
g) Setelah penelpon memilih, kemudian meminta data penumpang sesuai identitas
dan nomer telepon yang bisa dihubungi.
h) Membukukan data tersebut kedalam sistem kemudian membacakan data
reservasi yang telah diproses.
i) Menanyakan apakah tiket langsung diterbitkan (iisued) atau tidak.
j) Jika tiket tidak langsung diisued berikanlah informasi tentang batas waktu
penerbitannya (time limit) dan PNR atau kode booking.
k) Jika pelanggan ingin langsung menerbitkan tiketnya, maka tanyakanlah tentang
bentuk pembayarannya.
l) Konfirmasi ulang dengan memastikan semua data yang diberikan adalah data
yang benar.
m) Menanyakan alamat pengantaran tiket (jika melalui BPW).
n) Mengucapkan terimakasih dan salam.

Latihan : membuat percakapan berpasangan dalam penanganan reservasi penumpang  domestik flight
Minggu depan di presentasikan di depan kelas.
Tugas : Latihan Praktek dan ambil nilai


- Selamat Belajar -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar