MATERI RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Ganjil – PEMESANAN & PENGHITUNGAN TARIF TIKET PENERBANGAN
Ø Prosedur Menerima Telepon dalam proses penanganan
Reservasi (Reservasi Handling)
Panduan langkah-langkah pemesanan tempat melalui telepon pada maskapai
penerbangan :
1.
Posisi duduk relax tapi serius
2.
Tidak boleh sedang mengunyah, menguap atau
berbicara
3.
Tidak ada suara gaduh atau berisik
4.
Pilih kalimat singkat, mudah dimengerti dan tepat sasaran
5.
Jika hati badmood usahakan buat ceria agar
penumpang tidak terkena dampaknya
6.
Harus bisa menahan diri dari emosi ketika
menerima telepon yang tidak berkenan
7.
Siapkan perlengkapan untuk mencatat seperti : pena dan buku catatan
8.
Mengangkat telepone pada dering pertama secara
langsung tanpa menunggu 3 kali berdering
9.
Angkat telepon dengan tangan kiri, gunakan
tangan kanan untuk mencatat pesan yang disampaikan penelpon /calon penumpang
10.
Menjaga kecepatan dan tekanan suara
11.
Mengucapkan salam / greeting dengan menyebutkan
nama diri dan nama perusahaan serta menawarkan bantuan
(Exp : “ Garuda Airlines, Selamat
Pagi, dengan Rahma, ada yang bisa dibantu ?...”)
12.
Menanyakan terlebih dahulu nama si penelpon
(Exp : “ Maaf dengan Bapak/Ibu
siapa saya bicara ?...”)
13.
Sesekali menyebutkan nama si penelpon agar
terdengar lebih sopan dan akrab
(Exp : “Baik Pak/Bu Nanda, rute keberangkatan kemana yang
ingin di pesan ?...”)
14.
Menanyakan rute penerbangan,tanggal,
15. (Exp : “Baik Bu, untuk rute kemana dan pada
tanggal berapa ?.. “ )
16.
Menginformasikan class layanan yang tersedia
(jika Full service) serta meminta penumpang untuk memilihnya
(Exp : “Kami memiliki 3 class
layanan yakni First class, Business class dan Economy Class, kira-kira
Bapak/Ibu pilih class layanan yang mana ?...”)
17.
Menanyakan berapa jumlah penumpang yang
berangkat
(Exp : “Mohon maf Bu/Pak berapa
orang yang akan berangkat ?...”)
18.
Meminta penelpon untuk menunggu sebentar selama
anda mengecek ketersediaan seat
(Exp : “Mohon ditunggu sebentar ya
Pak/Bu saya lihat ketersediaan seatnya dulu di System...”)
19.
Mengucapkan terimakasih atas waktunya menunggu
(Exp : “ Terimas kasih Pak/Bu
Nanda atas ketersediaannya menunggu”)
20.
Memberikan informasi tentang ketersediaan seat
dan meminta tamu untuk memilih penerbangam yang diinginkan
(Exp : Kami memiliki 2 jam
penerbangan, yakni penerbangan pertama pada pukul 09.00 pagi di harga Rp.
1.000.000,-, penerbangan kedua pada pukul 12.00 siang di harga Rp. 850.000,-,
Bapak/Ibu maupilih penerbangan yang keberapa ?...”
21.
Meminta nama penumpang yang akan berangkat beserta menginformasikan
nama harus sesuai dengan yang di kartu indentitas
(Exp : “ Mohon maaf Pak/Bu, boleh
saya tahu yang berangkat atas nama siapa sesuai kartu identitasnya...?”)
22.
Mengejakan/speeling nama penumpang tersebut menggunakan
alpabeth fonetic agar tidak terjadi kesalahan dalam membooking tiketnya
(Exp : “Saya ejakan terlebih
dahulu nama Bapak/Ibu yang berangkat agar tidak terjadi kesalahan saat saya
memasukkan nama ke system, tolong didengar huruf awal dari kata yang saya eja
ya Pak/Bu, Yang berangkat atas nama NANDA yakni November, Alpha, November, Delta,
Alpha, apa benar Pak/Bu ?...”)
23.
Setelah itu, minta nomor telepon yang bisa
dihubungi dan aktif
(Exp : “ Boleh saya minta nomor
telpon yang aktifnya agar kami bisa menghubungi jika ada informasi terkait
reservasi Ibu/Bapak nanti ?...”)
24.
Menyarankan penumpang/penelpon untuk menunggu
sebentar saat data dimasukkan ke system
reservasi
(Exp : “ mohon menunggu sebentar
Pak/Bu Nanda, saya masukkan dulu bookingannya ke system ...”)
25.
Mengucapkan terimakasih telah menunggu dan Membacakan
ulang reservasi yang telah diproses
(Exp : “Baik terima kasih telah
menunggu, saya bacakan dulu reservasinya ...
Ø
Cara
membaca PNR (kode booking penumpang/data reservasi penumpang)
a.
Nama Penumpang (Yang berangkat Atas nama Bapak/Ibu....)
b.
Rute Penerbangan (dengan Rute penerbangan .......)
c.
Tanggal terbang dan hari (berangkat pada tanggal ...... hari ....)
d.
Jam keberangkatan (pada jam ..... dari rute .....
sampai jam ..... di kota....)
e.
Tarif/harga (dengan tarif Rp...... rute ... menuju ....)
f.
Nomor telepon (dan nomor telepon 0812...... dengan Bapak/Ibu....., bener ya bu/bpk
nomornya)
g.
Time limit Reservasi (maaf bu/bpk, bisa dicatat batas waktu pembayarannya adalah pada tanggal
..... sebelum pukul ...., lewat dari jam tersebut akan tercancel otomatis )
h. Kode
booking-terdiri dari 6 karakter, huruf dan digit (dengan kode booking Alpha Bravo Charlie angka 2 Romeo Angka 6) ABC2R6
26.
Berikan kode booking dengan mengejanya
(alphabeth fonetic) beserta menyebutkan time limit pengambilan/pembayaran tiket
27.
Menawarkan bantuan kembali kepada penumpang
(Exp : “Masih ada yang bisa saya
bantu Pak/Bu ?...”)
28.
Mengucapkan greeting dan terimakasih
(Terimakasih telah menghubungi kami
Garuda Airlines, Selamat Pagi Pak/Bu Nanda)
29.
Menutup telepon sesaat setelah pelanggan menutup
telponnya
30.
Menutup telepon dengan pelan
Ø
CARA
MEMBACA PNR (KODE BOOKING PENUMPANG/DATA RESERVASI PENUMPANG)
1.
Nama Penumpang (Yang berangkat Atas nama
Bapak/Ibu....)
2.
Rute Penerbangan (dengan Rute penerbangan
.......)
3.
Tanggal terbang dan hari (berangkat pada tanggal
...... hari ....)
4.
Jam keberangkatan (pada jam ..... dari rute ..... sampai jam ..... di kota....)
5.
Tarif/harga (dengan tarif Rp...... rute ...
menuju ....)
6.
Nomor telepon (dan nomor telepon 0812......
dengan Bapak/Ibu....., bener ya bu/bpk nomornya)
7.
Time limit Reservasi (maaf bu/bpk, bisa dicatat batas
waktu pembayarannya adalah pada tanggal .......sebelum pukul .....) lewat dari
jam tersebut akan tercancel otomatis
8.
Kode booking-terdiri dari 6 karakter, huruf dan
digit (dengan kode booking Alpha Bravo Charlie angka 2 Romeo Angka 6) ABC2R6
Ø
CONTOH
PERCAKAPAN RESERVASI BY PHONE
Staff Reservasi : Air
Asia selamat siang, dengan Monica, bisa dibantu ?
Penumpang : Iya Mba, saya mau menanyakan
penerbangan dari Pekanbaru ke Jakarta tanggal 10 september berapa ya ?
Staff
Reservasi : Baik Ibu, maaf dengan Ibu
siapa saya berbicara ?
Penumpang : saya Ayu
Staff
Reservasi : Baik Ibu Ayu, bisa ditunggu
sebentar, saya cek dulu di system reservasi kami... baik Ibu Ayu Penerbangan
Pekan baru –Jakarta pada tanggal 10 september hari rabu, ada 2 kali penerbangan,
penerbangan pertama pada pukul 10.00 pagi dengan tarif Rp. 1.000.000,- dan
penerbangan kedua pada pukul 15.00 sore dengan tarif Rp. 1.200.000,-, Ibu pilih
penerbangan yang mana?
Penumpang : saya pilih penerbangan yang kedua,
pukul 15.00 sore dengan tarif Rp. 1.200.000,- untuk satu orang ya Mba.
Staff
Reservasi : pada penerbangan yang kedua
ya Bu, Baiklah, bisa kami minta nama
yang berangkat sesuai KTP/identitas/Paspor dan Nomor telepon yang bisa
dihubungi
Penumpang : An Saya sendiri Moenica, no hp. 0812-12345678
Staff
reservasi : Baik Ibu Monica, saya ejakan
namanya ya buMama, Oscar, Echo, November, India, Charlie, Alpha (MOENICA) benar
ya bu? Dengan no HP 0812-12345678 dengan Nomor Hp ibu sendiri ya ?
Penumpang : Iya benar Mba
Staff
Reservasi : Baik, saya akan membacakan
ulang reservasinya ya Bu, mohon dikoreksi : Atas Nama Ibu Febri, dengan rute
penerbangan PKU-JKT pada tanggal 10 september 2017 hari rabu, pukul 15.00 sore
dengan tarif Rp. 1.200.000,- dan nomor hp Ibu 0812-12345678, time limit pembayaran
pada tanggal 08 september 2017 hari senin sebelum jam 12.00 siang. Kode
bookingnya bisa dicatat Ibu MACD23 (Mama, Alpha, Charlie, Delta, Angka
2, Angka3)
Penumpang : Baik Mba .. mengenai pembayarannya
bagaimana Mba?
Staff
reservasi : mengenai pembayaran, Ibu
bisa melakukannya di kantor perwakilan kami langsung baik Cash maupun
Credit dialamat Kantor perwakilan Air
Asia jalan................. no.... sebelum time limitnya ya Bu Monica
Penumpang : Baik Mba terima kasih
Staff
Reservasi : Baik Ibu, sama-sama, masih
ada yang bisa saya bantu kembali ?
Penumpang : Tidak Mba itu saja
Staff
reservasi : Baik Ibu Monica, Terima
kasih telah menghubungi Air Asia, selamat siang
Penumpang : Selamat siang.
Nb.. tunggu
penumpang yang terlebih dahulu menutup teleponnya baru staff menutup
teleponnya.
-
Selamat
Belajar -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar